Materi Keinstrukturan Dan Kepelatihan

 




1.    Pengertian Instruktur dan pelatih

a.    Instruktur

Menurut KBBI Instruktur memiliki arti orang yang bertugas mengajarkan dan sekaligus memberikan latihan dan bimbingan

b.    Pelatih

arti kata pelatih adalah orang yang melatih (olahraga dan sebagainya). Pelatih berasal dari kata dasar latih.

 

2.    Peran serta fungsi instruktur dan pelatih

1.    Perencana

Merencanakan kegiatan kaderisasi. Mulai dari Tempat dan waktu pelaksanaan

2.    Penyusun

Menyusun kegiatan kaderisasi seperti membuat TOR, Rundown acara dan juga skema kaderisasi

3.    Pelaksanaan

Dalam pelaksanaan kaderisasi, isntruktur dan pelatih berperan sebagai orang yang memberikan pelatihan, motivasi dan doktrin kepada peserta kaderisasi

4.    Evaluator

Instruktur dan pelatih harus bisa mengevaluasi kegiatan mulai dari awal sampai akhir sebagai acuan untuk kegiatan selanjutnya

 

3.    Keterampilan dasar instruktur dan pelatih

1.    Keterampilan Bertanya (Questioning skill)

Bertanya merupakan ucapan verbal dengan tujuan agar peserta merespon dan membangkitkan rasa ingin tahu peserta. Hal ini akan memberikan sedikit informasi tentang karakter peserta

2.    Keterampilan membuat variasi pelatihan (Variation Stimulus)

Variasi dalam pelatihan dan keinstrukturan bisa berupa Games yang menyenangkan tetapi tidak keluar dari konteks pelatihan. Bisa juga variasi ini berupa cara kita menyampaikan pelatihan kepada peserta yang biasanya monoton dan datar menjadi lebih menarik

3.    Keterampilan Menjelaskan

Keterampilan menjelaskan adalah penyajian informasi secara jelas dan lugas. Ini berkaitan dengan publik speaking dan gestur ketika menyampaikan pelatihan

4.    Keterampilan membimbing diskusi dan kelompok kecil

Diskusi kelompok merupakan suatu yang harus ada dalam suatu pelatihan, oleh karena itu instruktur dan pelatih harus mampu melaksanakan tugas ini dengan baik, ada beberapa komponen yanng perlu di perhatikan dalam keterampilan membimbing diskusi kelompok

Ø  Memusatkan perhatian pada tujuan dan fokus diskusi

Ø  Memperluas masalah dan merangkum kembali masalah agar menjadi lebih jelas

Ø  Meluruskan alur berfikir peserta

Ø  Memberikan kesempatan peserta untuk berpartisipasi dalam diskusi

Ø  Menutup diskusi dengan membuat rangkuman

5.    Keterampilan mengelola kelas dan forum

Pengelolaan kelas dan forum adalah keterampilan menciptakan suasana pelatihan yang membuat peserta nyaman, seperti bagaimana penempatan duduk –peserta dan kondisi kelas

4.    Menejemen forum dan etika instruktur dan pelatih

1.    Memastikan apa tujuan diselenggarakanya forum

Setiap forum dan pelatihan pasti memiliki tujuan, namun terkadang seorang instruktur dan pelatih sering lupa dan terlalu asyik berbicara sehingga tidak tahu forum ini telah memenuhi tujuan atau belum

2.    Membuat aturan dan alur jalanya forum 

Setiap kegiatan pelatihan pastinya berharap kalau forum berjalan dengan lancar, membuat aturan dan alur jalanya forum menjadi penting bagi instruktur dan pelatih, namun harus tetap memperhatikan kondisi peserta

3.    Mengetahui siapa audiance atau peserta forum

Bagi seorang instruktur dan pelatih wajib tau siapa sih audiance dan peserta forumnya, jangan sampai kita menyampaikan materi dengan menggunakan bahasa yang terlalu sulit bagi pendengarnya

4.    Melibatkan semua peserta

Sebagai instruktur dan pelatih kita berada diposisi canter, kita harus memastikan forum berjalan dua arah, bukan hanya kita sendiri yang berbicara, memutuskan, ingin didengarkan, tapi seluruh peserta perlu dilibatkan

 

Download Materi Power Point 


Posting Komentar

0 Komentar