1.
Pengertian Instruktur dan pelatih
a.
Instruktur
Menurut KBBI Instruktur memiliki arti orang
yang bertugas mengajarkan dan sekaligus memberikan latihan dan bimbingan
b.
Pelatih
arti kata pelatih adalah
orang yang melatih (olahraga dan sebagainya). Pelatih berasal dari kata dasar
latih.
2.
Peran serta fungsi
instruktur dan pelatih
1.
Perencana
Merencanakan kegiatan
kaderisasi. Mulai dari Tempat dan waktu pelaksanaan
2.
Penyusun
Menyusun kegiatan kaderisasi
seperti membuat TOR, Rundown acara dan juga skema kaderisasi
3.
Pelaksanaan
Dalam pelaksanaan
kaderisasi, isntruktur dan pelatih berperan sebagai orang yang memberikan
pelatihan, motivasi dan doktrin kepada peserta kaderisasi
4.
Evaluator
Instruktur dan pelatih harus bisa
mengevaluasi kegiatan mulai dari awal sampai akhir sebagai acuan untuk kegiatan
selanjutnya
3.
Keterampilan dasar instruktur dan pelatih
1.
Keterampilan Bertanya (Questioning skill)
Bertanya merupakan ucapan verbal dengan
tujuan agar peserta merespon dan membangkitkan rasa ingin tahu peserta. Hal ini
akan memberikan sedikit informasi tentang karakter peserta
2.
Keterampilan membuat variasi pelatihan (Variation Stimulus)
Variasi dalam pelatihan dan keinstrukturan
bisa berupa Games yang menyenangkan tetapi tidak keluar dari konteks pelatihan.
Bisa juga variasi ini berupa cara kita menyampaikan pelatihan kepada peserta
yang biasanya monoton dan datar menjadi lebih menarik
3.
Keterampilan Menjelaskan
Keterampilan menjelaskan adalah penyajian
informasi secara jelas dan lugas. Ini berkaitan dengan publik speaking dan gestur
ketika menyampaikan pelatihan
4.
Keterampilan membimbing diskusi dan kelompok
kecil
Diskusi kelompok merupakan suatu yang harus
ada dalam suatu pelatihan, oleh karena itu instruktur dan pelatih harus mampu
melaksanakan tugas ini dengan baik, ada beberapa komponen yanng perlu di
perhatikan dalam keterampilan membimbing diskusi kelompok
Ø Memusatkan perhatian pada tujuan dan fokus
diskusi
Ø Memperluas masalah dan merangkum kembali
masalah agar menjadi lebih jelas
Ø Meluruskan alur berfikir peserta
Ø Memberikan kesempatan peserta untuk
berpartisipasi dalam diskusi
Ø Menutup diskusi dengan membuat rangkuman
5.
Keterampilan mengelola kelas dan forum
Pengelolaan kelas dan forum adalah
keterampilan menciptakan suasana pelatihan yang membuat peserta nyaman, seperti
bagaimana penempatan duduk –peserta dan kondisi kelas
4.
Menejemen forum dan etika instruktur dan
pelatih
1.
Memastikan apa tujuan diselenggarakanya forum
Setiap forum dan pelatihan pasti memiliki
tujuan, namun terkadang seorang instruktur dan pelatih sering lupa dan terlalu
asyik berbicara sehingga tidak tahu forum ini telah memenuhi tujuan atau belum
2.
Membuat aturan dan alur jalanya forum
Setiap kegiatan pelatihan pastinya berharap
kalau forum berjalan dengan lancar, membuat aturan dan alur jalanya forum
menjadi penting bagi instruktur dan pelatih, namun harus tetap memperhatikan
kondisi peserta
3.
Mengetahui siapa audiance atau peserta forum
Bagi seorang instruktur dan pelatih wajib tau
siapa sih audiance dan peserta forumnya, jangan sampai kita menyampaikan materi
dengan menggunakan bahasa yang terlalu sulit bagi pendengarnya
4.
Melibatkan semua peserta
Sebagai instruktur dan pelatih kita berada
diposisi canter, kita harus memastikan forum berjalan dua arah, bukan hanya
kita sendiri yang berbicara, memutuskan, ingin didengarkan, tapi seluruh
peserta perlu dilibatkan
| Download Materi Power Point |
0 Komentar